Kategori
Beli Laptop Bekas

Cara Memperbaiki Laptop yang Tidak Bisa Masuk Windows

 

Cara memperbaiki laptop yang tidak bisa masuk windows menjadi topik bahasan menarik bagi banyak pelaku jasa service laptop panggilan belakangan ini. Laptop tentu bisa mengalami kerusakan, baik kerusakan software atau hardware-nya. Seperti halnya laptop tidak bisa masuk Windows ketika ingin dipakai. Kamu mungkin akan merasa bingung bagaimana cara memperbaikinya, atau mungkin kamu juga khawatir laptopnya tidak bisa dipakai. Masalah ini bisa dialami pada merk apapun, seperti laptop ASUS, Acer, HP, Lenovo dan sebagainya.

Namun, kamu tak perlu khawatir. Faktanya, laptop tidak bisa masuk ke Windows adalah suatu hal yang lumrah dan sering terjadi. Cara mengatasinya pun cukup mudah. Di bawah ini, Pinhome akan memberikan cara mudah atasi laptop yang tidak bisa masuk ke Windows. Simak baik-baik ya!

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Masuk ke Windows

Windows seringkali menjadi momok bagi pemakai laptop yang mengalami kendala tidak bisa masuk kedalam sistem operasi ini. Jika laptop kamu sedang bermasalah sekarang dan tidak bisa masuk windows, maka dapat mencoba beberapa cara berikut ini:

1. Tekan Tombol Power Laptop Beberapa Saat

Ketika laptop kamu tidak bisa masuk ke Windows dan mungkin hanya muncul layar hitam atau black screen saja, maka bisa coba tekan tombol power pada laptop sekitar 5 sampai 10 detik. Jika laptop sudah benar-benar dalam keadaan mati, kamu coba nyalakan kembali. Solusi ini merupakan cara pertama yang paling mudah untuk bisa kamu lakukan.

2. Coba Masuk Safe Mode

Cara yang selanjutnya adalah dengan masuk ke safe mode. Hal ini biasa dilakukan ketika laptop tidak mau masuk ke Windows. Begini caranya:

  1. Nyalakan terlebih dahulu laptop kamu seperti biasanya.
  2. Kemudian, ketika kamu sudah memasuki BIOS Screentekan berulang tombol F8.
  3. Lalu, kamu pilih Safe Mode.

Setelah masuk safe mode, kamu dapat restart kembali dan coba laptop tersebut. Jika masih belum berhasil, maka bisa coba cara selanjutnya.

 

3. Scan Dengan Antivirus di Safe Mode

Jika proses masuk ke Windows dikarenakan virus, kamu bisa mencoba melakukan scanning menggunakan Antivirus. Tapi untuk menggunakan antivirus tersebut, kamu harus masuk ke safe mode terlebih dahulu. Berikut cara scan dengan antivirus di safe mode:

  1. Pertama, download Antivirus versi terbaru di laptop lain.
  2. Lalu, masukkan ke Hardisk Eksternal atau Flashdisk.
  3. Masuk ke safe mode dengan menekan tombol F8 berulang kali saat booting.
  4. Kemudian, install Antivirus sepeti biasa.
  5. Lalu jalankan Antivius tersebut dengan mode boot Scan.

Selain Antivirus pihak ketiga, kamu juga bisa menggunakan CMD. Untuk lebih jelasnya mungkin kamu bisa menonton cuplikan video ini:

 

4. Cara memperbaiki laptop yang tidak bisa masuk windows dengan cara Install Ulang Laptop

Kalau memang masih tidak bisa masuk Windows, ada kemungkinan sistem operasi di laptop kamu telah rusak. Biasanya ada file system yang corrupt pada laptop tersebut. Cara efektif untuk menangani masalah ini ialah install ulang sistem operasi-nya. Namun kalau memang bisa, kamu harus backup semua data penting di sistem. Karena semua data di drive tersebut akan terhapus.

 

5. Cek RAM

Kalau tidak bisa masuk ke Windows-nya karena black-screen, maka perlu kamu cek RAM. Komponen ini adalah penyebab utama hal tersebut. Solusinya kamu perlu bongkar dan bersihkan RAM.

  1. Pastikan laptop dalam keadaan mati.
  2. Kemudian kamu bongkar bagian RAM nya.
  3. Lalu kamu ambil RAM tersebut.
  4. Pada bagian kuningnya kamu coba bersihkan menggunakan penghapus.
  5. Setelah itu kamu pasang lagi, lalu coba kembali.

 

6. Gunakan Sistem Restore

Sistem restore merupakan salah satu fitur yang fungsinya untuk mengembalikkan kondisi laptop ke beberapa waktu sebelumnya. Namun, untuk melakukan cara ini kamu harus sudah memiliki pencadangan atau backup Windows sebelumnya.

  1. Pertama, nyalakan laptop terlebih dulu.
  2. Kemudian, jika kamu sudah melewati BIOS Screen, tekan tombol F8 berulang kali.
  3. Lalu, masuk ke Repair Computer.
  4. Setelah itu, cari sistem restore. Jika kamu menemukan Restore Point, lakukan Restore.

Perlu diketahui Sistem Restore mengembalikan kondisi sistem pada keadaan sebelumnya. Jadi, jika kamu ada data yang belum terbackup, data itu akan hilang.

 

7. Cara memperbaiki laptop yang tidak bisa masuk windows dengan cara Cek Hardisk

Cara terakhir kamu bisa mengecek hardiskHardisk adalah tempat tersimpannya data-data sIstem yang berada di laptop. Jadi, bisa saja ada kemungkinan data sistem di harddisk rusak dan akhirnya laptop tidak masuk Windows. Efeknya mungkin hanya menampilkan black sceen atau layar hitam saja.

Untuk cara mengatasinya, kamu bisa mengganti hardisk laptop dengan yang baru. Untuk memastikannya mungkin kamu bisa mengecek dengan menggunakan aplikasi seperti HDTune.

Mengapa Laptop Tidak Bisa Masuk Windows?
laptop tidak bisa masuk ke windows
Biasanya ciri-ciri laptop kamu tidak bisa masuk windows ialah restart secara terus menerus atau layar hitam seperti hang. Sebenarnya ada banyak penyebab laptop tidak bisa masuk sistem operasi, baik itu pada Windows 7, 8, hingga 10. Kalau kamu ingin tahu, berikut beberapa penyebabnya:

Baca juga: Cara Mengatasi Hp Hang Baterai Tanam Dengan Mudah

1. Karena Virus
Laptop yang terinfeksi virus umumnya akan mengalami kerusakan, terutama dibagian sistem operasinya. Ketika virus yang menginfeksi laptop kamu terbilang cukup berat, ini bisa membuat file system-nya menjadi corrupt. Hal inilah yang membuat laptop kamu tidak bisa masuk windows dan biasanya tampilannya menjadi layar biru (blue screen).

2. Gagal Update Sistem Operasi
Gagal update sistem operasi menjadi kendala mendasar dalam melakukan setting maupun perbaikan laptop. Kalian harus mencari tahu terlebih dahulu permasalahan tersebut sampai dengan menemukan solusinya. Kamu baru memperbarui sistem operasi, namun karena jaringan internet atau prosesnya tidak sempurna malah menjadi gagal. Jika benar, ada kemungkinan file system akan menjadi corrupt dan bermasalah di laptop kamu. Sehingga menyebabkan gagal masuk ke sistem Windows-nya.

3. Salah Install Aplikasi
Laptop tidak bisa masuk ke Windows, bisa karena kamu salah memasang aplikasi. Hal ini karena biasanya aplikasi yang kamu pasang mempunyai virus, dan begitu diinstall malah menginfeksi sistem. Sebaiknya kamu harus teliti sebelum memasang aplikasi dan pastikan selalu aktifkan anvirus di laptop.

4. Ada Masalah pada Hardisk
Penyebab lainnya bisa jadi ada masalah pada hardisk kamu. Sehingga kalau laptop kamu tidak bisa masuk Windows, ada kemungkinan hardisk di laptop tersebut bermasalah.

Demikianlah pembahasan tentang cara mengatas laptop tidak bisa masuk Windows dan berbagai penyebab yang mungkin terjadi. Jika cara diatas tak kunjung bisa memperbaiki laptop kalian, ada baiknya segera berkonsultasi dengan jasa service laptop panggilan Bandung untuk mendapatkan solusi terbaik. Meski cara mengatasinya terbilang cukup mudah, sebaiknya kamu menghindari berbagai pemicu laptop tidak bisa masuk ke Windows. Seperti yang kita ketahui, mencegah lebih baik daripada mengobati bukan? Sekian ulasan pinhome kali ini, semoga bermanfaat!

Need Help?